Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Liburan Seru di Awal Tahun 2015

Opo Kek Blog – Keceriaan dan serunya saat berlibur di tempat wisata merupakan tujuan sebagian banyak orang ketika berlibur. Mencari tempat wisata yang cocok dan mempunyai beberapa arena pendukung merupakan syarat agar saat berlibur tujuan tersebut bisa dicapai maksimal.

Di hari ke dua saat liburan Tahun Baru 2015 di Karanganyar kami bertiga Saya, Aji dan Arya ke tempat wisata yang bisa membuat mulut ini selalu terbuka lebar hahahaha :D. Kali ini Air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu yang menjadi tujuan utama saya dan kawan-kawan. Ar Terjun ini berlokasi di Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Menurut informasi yang saya dapatkan, Air Terjun ini memiliki ketinggiann kurang lebih sekitar 81 meter.

Pagi itu udara terasa sangat dingin di kawasan Tawangmangu dengan hembusan angin, dan cuaca mendung berkabut. Segera kami gerakkan badan dengan berjalan-jalan di lingkungan sekitar agar sedikit mengurangi rasa dingin pagi itu. Kurang dari satu jam kami kembali ke rumah Arya untuk bersiap-siap menuju tujuan utama yaitu Air terjun Grojogan Sewu, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa tengah.

Dari rumah Arya hingga Air Terjun Grojogan Sewu, cukup 30 menit waktu yang kami tempuh. Jalannya yang mulus dan ramai membuat perjalanan ini semakin menyenangkan. Oh iya, di hari ke dua ini Eka tidak  bisa ikut dengan alasan ada acara lain yang sangat penting dan tidak bisa diganggu gugat hingga akhirnya kami putuskan untuk jalan bertiga. Saya, Arya dan Aji.

Sampai di kawasan Air Terjun Grojogan Sewu, kami diberi beberapa arahan oleh pemandu wisata kami (Arya) sebelum masuk ke lokasi. Saat berada di pintu masuk Air Terjun Grojogan Sewu, terlihat banyak kera liar yang berkeliaran. Menurut informasi yang saya dapatkan, kera-kera yang berada di sini memang sengaja dibiarkan berkeliaran di kawasan Air Terjun Grojogan Sewu untuk menambah kesan alami tempat ini. Walaupun kera-kera yang ada disini jinak, kita harus tetap hati-hati ya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk masuk ke lokasi Air Terjun Grojogan Sewu kami harus membeli tiket terlebih dahulu. Ada dua jenis tarif yang berlaku di sini. Untuk hari biasa Anda cukup membayar Rp. 11.500 /Orang dan Rp. 13.500 /Orang untuk hari libur. Beruntung waktu itu kami di bebaskan biaya masuk alias gratis (khusus untuk kami) alhamdulillah 😀

Kami harus melewati anak tangga yang membuat kaki ini sedikit pegal, tapi itu tak mengurangi semangat kami untuk menikmati liburan di awal Tahun 2015. Sepanjang perjalanan melewati tangga ada beberapa kera liar yang mengiringi perjalanan kami, sangat menyenangkan.

Sampai di lokasi Air Terjun Grojogan Sewu terlihat tanah lapang yang sangat luas didominasi pohon-pohon besar serta ruko-ruko pedagang yang berjajar rapi. Air Terjun Grojogan Sewu ini sudah di lengkapi dengan beberapa arena permainan yang sangat mendukung. Ada Mini Waterboom, Mini Rafting, Out Bond dan Flying Fox. Beberapa permainan ini yang akan kami coba di sini.

Saya penasaran dengan Air Terjun yang tingginya sekitar 81 meter itu. Setelah melalui tanah lapang yang cukup luas dan beberapa arena permainan di sini, nampaklah air yang mempunyai aliran sangat deras dengan volume sangat besar. Ya, Air Terjun Tawangmangu namanya. Air Terjun ini terlihat gagah dan sangat memukau pandangan saya. Dari kejauhan kita sudah bisa merasakan butiran-butiran air dari Air Terjun  yang terhembus angin. Sejuk dan seperti gerimis romantis.

Ada satu jembatan yang sangat terkenal di sini. Jembatan ini terkenal dengan sebutan “Jembatan Cinta”. Mitosnya bagi pasangan yang berhenti di atas jembatan ini saat melewatinya, maka setelaht pulang nanti hubungan mereka tak harmonis lagi, bahkan bisa putus. Entah bagaimana kebenarannya, yang pasti itu hanya mitos dan saya tidak mempercayainya.

Jembatan Cinta dan Air Terjun Grojogan Sewu

Bagi pengunjung dilarang mandi di bawah aliran Air Terjun Grojogan Sewu. Menurut penjaga, alasannya Aliran Air di sini sangatlah deras. Jika ada kerikil kecil yang jatuh dari atas dan mengenai kepala ataupun anggota badan yang lain bisa mengakibatkan hal yang fatal. Maka dari itu sangat dilarang keras mandi dibawah aliran Air Terjun Tawangmangu.

Ok pak demi keselamatan saya urungkan niat untuk mandi dibawah aliran Air terjun Grojogan sewu. Saya dan Aji mencoba beberapa arena permainan pendukung yang bisa membuat suara saya melengking cantik hihihihi. Mini Rafting dan Flying Fox. Untuk menikmati permainan ini cukup membayar Rp. 11.000,- /Orang. Kami awali dengan menikmati Mini Rafting. Peralatan sudah lengkap menempel di badan dan meluncurlah saya di aliran sungai yang cukup deras serta berbatu. Petugas yang berjaga di sungai agak sedikit usil memutar-mutar pelampung yang kami tumpangi. Saat menemui jeram, kami dihadapkan berbalik dan itu yang membuat teriakan cantikku keluar hihihihi.

  • Awal meluncur : Aaah tenang enak-enak aja kok
  • Bebatuan kecil  : Masih bisa diatasi hihihihi
  • Bebatuan besar: Ooh No
  • Jeram                 : Tidaaaaaaaak!! (muncullah teriakan cantik dan melengking hahahaha)

Puas dengan Mini Rafting, kami berdua mencoba menikmati permainan yang lebih menantang. Ya, Flying Fox. Sebenarnya saya takut untuk mencoba permainan yang satu ini. Karena tantangan Aji dan Arya, akhirnya kuberanikan diri agar jadi cowok sejati haha 😀 Saya diurutan nomor satu kemudian di susul Aji dan Arya. Lagi-lagi petugasnya usil ngerjain saya sehingga teriakan cantikku keluar hahaha. Petugas memberhentikan saya di tengah-tengah tali yang membentang dan menggantung. Ketika dilepaskan kebawah rasanya hemmmmmm mak nyess di hati. Ini merupakan pengalaman baru saya saat berwisata. Sangat menyenangkan dan puas menikmati liburan yang sangat seru ini.

Tak lupa kami mengabadikan momen-momen yang tak bisa dilupakan di sini. Ini hasil jepretan kami hihihi 😀

Cukup lama dan puas di Air Terjun Grojogan Sewu, kami pun berkemas dan segera menuju tempat parkir. Untuk kesana kami harus menaiki tangga kembali. Ada apresiasi buat para pengunjung yang berhasil menaiki dan menuruni anak tangga yang ada di sini.Apresiasinya dalam bentuk ucapan seperti ini nih.

Perjalanan kami lanjutkan ke tujuan yang ke dua yakni Telaga Sarangan, Magetan, jawa Timur. Mau tahu cerita selanjutnya? Ikuti terus perjalanan Opo Kek Blog 😀 Semoga bisa menjadi inspirai wisata Anda.

To be continued…

Note :

  • Saat memasuki pintu masuk Air Terjun Grojogan Sewu, jangan membawa tentengan apapun gar tidak di rebut oleh kera yang berada di sini.
  • Kera-kera di Air Terjun Grojogan Sewu walaupun liar tapi tetap harus diwaspadai.
  • Jangan sesekali mandi di bawah guyuran Air Terjun Grojogan Sewu karena sangat berbahaya.

Advertisements

20 thoughts on “Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Liburan Seru di Awal Tahun 2015

  1. Pingback: Candi Sukuh, Karanganyar, Jawa Tengah. Tujuan ke- 3 di Hari Pertama Liburan Tahun Baru 2015 | Opo Kek Blog

  2. Pingback: Menakutkan, Inilah 5 Tempat Angker di Jawa Tengah

Terima kasih sudah mampir di blog yang sederhana ini. Silahkan tinggalkan jejakmu di kolom komentar. Senang bisa berbagi pengalaman dengan kamu melalui blog ini. Salam Blogger :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s