Pantai Bondo Jepara, Jawa Tengah

Pantai Bondo Jepara

Opo Kek Blog – Jepara merupakan salah satu kota yang mempunyai banyak pantai dengan keunikan dan keindahan yang berbeda-beda. Pantai yang ada di jepara kebanyakan berpasir putih dan hanya ada beberapa saja yang berpasir hitam. Beberapa pantai di Jepara yang pernah saya kunjungi diantaranya : Pantai Bandengan, Pantai Teluk Awur, dan Pantai Benteng Portugis. Nah tujuan mbolang saya kali ini adalah Pantai Bondo.

Menurut informasi yang saya ketahui, Pantai Bondo merupakan pantai yang belum di kelola oleh pemerintah kota Jepara. Setahu saya, sejauh ini hanya Pantai Kartini, Pantai Bandengan dan Pantai Benteng Portugis yang di kelola dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Jepara. Ini semua bisa dilihat dari kebersihan pantai itu sendiri. Anda yang berada di kota Jepara pasti tahu dong di mana lokasi Pantai Bondo? Kalau Anda tidak tahu, jangan ngaku-ngaku orang jepara ya hehehehehe (Just kidding brooh). Pantai Bondo sendiri terletak di Desa Bondo, Kecamatan mlonggo, Kabupaten Jepara. Pantai ini dinamakan “Pantai Bondo” karena terletak di Desa Bondo.

Sudah tahu rute menuju Pantai Bondo belum? (Belom kakak). Silahkan merapat biar tidak nyasar saat ke Pantai Bondo hihihi. Lokasi Pantai Bondo cukup jauh dari perkotaan. Anda bisa memulai perjalanan dari kota Jepara. Nah dari pusat kota silahkan ambil arah Utara atau ikuti penunjuk arah dan ambil arah Tayu atau Mlonggo atau Bangsri, setelah itu ikuti jalannya. Ketika sudah sampai di Mlonggo kurangi kecepatan laju kendaraan Anda sambil melihat penunjuk arah dan ambil arah Pantai Bondo sesuai penunjuk arah yang di pasang di tepi jalan. Cukup jelas dengan arah yang saya tunjukkan? Ok baiklah.

Mengingat cerita mbolang saya yang kemarin di Air Terjun Grenjengan Sewu (Pati), Jepara merupakan tujuan selanjutnya. Tujuan pertama saya di kota Jepara mengarah ke Pantai Bondo. Pantai ini terlihat sedikit kotor dibandingkan pantai Bandengan saat saya menyambanginya. Ini semakin meyakinkan saya bahwa Pantai Bondo ini memang belum di kelola oleh Pemerintah Jepara. Saya yakin Jika sudah di kelola oleh PEMKAB Jepara pastinya pantai ini lebih bersih dari apa yang saya lihat saat itu.

Beberapa perahu nelayan bergoyang-goyang di bibir pantai akibat terkena ombak pantai ini. Suasana pantai ini agak sepi saat saya berkunjung ke sana. Entah karena mereka takut melihat muka saya atau takut tersaingi dengan muka saya hehehehe (siape elu kak… GR deeeeh). Ternyata itu semua salah, waktu itu kebetulan hujan turun tanpa memikirkan perasaan saya dan wisatawan lain yang ingin menikmati Pantai Bondo 😦 (hemmm sedih deeeh). Dan itu merupakan penyebab kemungkinan pantai ini sepi waktu itu. Tapi, sepi bukan berarti nggak ramai loh. Buktinya di sini masih ramai waktu saya berkunjung ke Pantai Bondo. Iya ramainya itu karena suara hujan yang begitu deras mengguyur kawasan pantai ini hehehehe.

Paerahu nelayan hujan-hujanan

Di pantai ini sudah tersedia musholla, pemandian umum, penyewaan ban dan penyewaan perahu yang di gunakan wisatawan untuk berputar-putar keliling Pantai Bondo. Anda yang ingin berlibur di Pantai Bondo bisa puas-puasin menikmati Pantai Bondo dengan perlengkapan umum yang sudah tersedia. Eits jangan tanya gratis atau nggak, karena di Indonesia tak ada yang gratis hihihihihi.

Perlengkapan Umum

Pantai ini cukup adem karena banyak pepohonan di pinggir-pinggir pantai yang bisa digunakan untuk berteduh. Pepohonan di area Pantai Bondo di dominasi oleh pohon pandan. Ada beberapa pohon kelapa yang sepertinya merupakan tanaman yang baru di tanam beberapa bulan atau beberapa tahun lalu.

Pepohonan hijau di kawasan Pantai Bondo Jepara

Pantai ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri (Jepara) maupun mancanegara (Luar Jepara) saat waktu liburan tiba. Pantai ini termasuk salah satu pantai yang masih gratis, jadi bisa ngirit pengeluaran untuk berwisata. Parkirnya pun bisa dimana saja yang penting menurut Anda aman. Saat saya ke sana tak ada tukang parkir yang mengatur motor-motor agar tertata rapi. Kemungkinan saat musim liburan untuk masuk pantai ini bisa juga di tarik retribusi alias bayar.

Jika anda berkunjung ke Jepara, jangan lupa mampir ke pantai yang satu ini dan nikmati mandi secara jama’ah bersama wisatawan yang lain karena Pantai Bondo merupakan pantai yang dangkal dan berair jernih. Anda tertarik untuk ke Pantai Bondo Jepara. Bisa deh buat wisata keluarga hehehe.  Selamat berwisata di Pantai Bondo. 🙂

Advertisements

19 thoughts on “Pantai Bondo Jepara, Jawa Tengah

    • Betul banget tuh. Saya sangat mendukung dan akan bangga mempromosikan wisata Jepara jika Pantai di kawasan Jepara memang benar-benar bersih dan bagus. Semoga pemerintah setempat tergerak hatinya untuk mendongkrak pariwisata di Jepara. Pengunjung juga harus menaati peraturan. Terkadang ulah pengunjung juga membuat lokasi wisata menjadi kotor.

      Like

    • Di Jepara banyak tempat wisata mas. Bisa ke JOP (Jepara Ourland Park), Bisa ke banyak air terjun ada sekitar 10 air terjun di Jepara, atau pantai. Alternatif lainnya bisa ke resort yang berhadapan dengan pantai langsung.

      Like

Terima kasih sudah mampir di blog yang sederhana ini. Silahkan tinggalkan jejakmu di kolom komentar. Senang bisa berbagi pengalaman dengan kamu melalui blog ini. Salam Blogger :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s